Jumat, 07 Oktober 2016

Obat Rematik Yang Dibuat Dari Bumbu Dapur Kunyit

Obat Herbal Rematik | Obat Herbal Rematik salah satunya adalah kunyit. Kunyit tidak hanya digunakan sebagai bumbu dapur atau pemberi warna pada makanan. Ternyata kunyit juga mempunyai khasiat untuk menyembuhkan rematik. Rematik sendiri merupakan gejala timbulnya nyeri pada daerah otot atau daerah persendian yang terjadi karena reaksi inflamasi atau peradangan.

Rematik juga bisa disebabkan karena beberapa faktor, seperti salah satunya karena gangguan terhadap sistem kekebalan tubuh yakni infeksi bakteri streptokokus yang menyerang daerah sendi. Karena dalam persendian memiliki kandungan cairan yang berfungsi sebagai pelumas sehingga tulang bisa digerakkan dengan leluasa.

Selain faktor tersebut, faktor penuaan juga bisa menjadi penyebab seseorang bisa terjangkit rematik, pada mereka yang sudah berusia lanjut. Gejala rematik bisa muncul karena lapisan pelindung persendian yang mulai menipis dan cairan tulang yang mulai mengental, akibatnya tubuh menjadi kaku dan sakit ketika digerakkan.

Bahkan pada beberapa kasus, gejala rematik muncul sebagai gejala yang menyertai dengan penyakit lain seperti asam urat. Asam urat ini merupakan peradangan sendi akut yang disebabkan oleh pengendapan kristal asam urat dalam rongga sendi. Karena terjadi di daerah persendian, jadi asam urat biasanya diikuti dengan munculnya gejala kaku dan nyeri sendi yang merupakan gejala rematik.

Penyakit rematik yang tidak mendapatkan penanganan yang tepat, bisa mengakibatkan penurunan kualitas hidup si penderitanya. Bahkan dalam jangka panjang, penyakit ini bisa menyebabkan kecacatan dan depresi berat.

Penderita rematik juga harus memperhatikan konsumsi makanan sehari-harinya, dan diharapkan untuk menghindari makanan yang bisa menimbulkan penyakit rematik, seperti misal jeroan, daging kambing, burung dara, bebek, ayam, ikan sarden kaleng, kubis, melinjo dan daun singkong. Yang dianjurkan untuk dikonsumsi seperti air putih, yoghurt, urat sapi, kunyit, temulawak, dan juga melakukan olahraga secara teratur.


Dari semua makanan yang dianjurkan untuk penderita rematik diatas, kunyit lebih dianjurkan karena memiliki banyak khasiat dan kandungan seperti zat cucurmin yang berguna untuk membunuh radikal bebas, menurunkan lipid kolesterol, dan memperbaiki pembuluh darah sehingga bisa digunakan untuk mengobati penyakit rematik.

Dengan menggunakan kunyit untuk pengobatan rematik, penderita disarankan menambahkan kunyit ke dalam hidangan anda. Atau juga bisa dikonsumsi dalam bentuk jamu. Untuk mengobati rematik, sebaiknya mengkonsumsi kunyit sebanyak 25gram yang sudah dikupas dan direbus dengan jahe merah , batang serai dan juga kayu manis dengan 600cc air. Proses perebusan ini dilakukan sampai air tersisa 300cc atau setangahnya, lalu saring air tersebut. Untuk menambah rasa, anda juga bisa menambahkan gula merah. Lakukan pengobatan ini rutin 2-3 kali sehari.

Selain dengan cara dikonsumsi, kunyit juga bisa digunakan untuk bagian luar tubuh sebagai pereda nyeri ketika rematik. Ramuan baluran ini bisa dibuat dengan campuran 25gram kunyit, 25 gr jahe segar, 20 gr daun senggugu segar, dan 30 gr daun selasih segar. Semua bahan tersebut dicuci yang dihaluskan. Ketika dibalurkan pada bagian tubuh yang nyeri, ramuan tersebut bisa ditambahkan dengan minyak kayu putih secukupnya. Lakukan pengobatan ini sebanyak 2x sehari.

Dengan mengkonsumsi secara teratur dan komposisi yang tepat, maka bisa membantu mengurangi bahkan menyembuhkan rematik. Karena kunyit ini mempunyai banyak zat aktif berupa minyak atsiri dan cucurmin yang berguna untuk anti-inflamasi atau peradangan sehingga akan cepat dalam meredakan nyeri karena rematik. Semoga Bermanfaat:))

Tidak ada komentar:

Posting Komentar